Membuat Aplikasi Talk To Me, Bounce Ball, Dan Digital Doodle

Rabu, 26 Oktober 2016

Membuat Aplikasi Talk To Me, Bounce Ball, Dan Digital Doodle




Pada tutorial ini adalah cara bagaimana membuat aplikasi Talk to me,Digital Doodle, dan Bounce Ball.
  • Talk to me adalah sistem yang dapat mengubah suatu teks menjadi ucapan secara otomatis dengan cara fonetisasi (penyusunan fonem-fonem untuk membentuk ucapan)
  • Digital Doodle adalah menggambar doodle apa layar monitor smartphone touch screen. 
  • Doodle sendiri merupakan gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract. 
  • Bounce Ball adalah animasi bola memantul. Bola tersebut dapat bergerak sesuai arah sentuhan yang diberikan ke layar.
A. Aplikasi Ball Bounce

1. Klik new project untuk membuat project baru dan beri nama.

2. Susun komponen-komponen visible berupa Canvas dan Ball seperti dibawah ini dalam editor desain. Kreasikan tampilan seperti yang diinginkan.





3. Kemudian atur properties Canvas dan Ball seperti gambar di bawah ini :


                                                                   Gambar 1. Canvas


                                                                   Gambar 2. Ball

4. Kemudian susunlah Blocks program seperti gambar di bawah ini :





5. Setelah itu pilih dan klik menu Build. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android. Dan pilih pilihan 2 jika ingin membuka pada PC. Setelah ini maka proses compiling akan segera dimulai. Tunggu sampai 100%.

6.  Kemudian simpanlah aplikasi yang telah di download ini didalam folder yang diinginkan. Jika kita menggunakan android, maka bukalah aplikasi tersebut kemudian instal program tersebut. Dan jika menggunakan leapdroid, maka buka lah aplikasi lepadroid tersebut.

7. Dapat dilihat tampilan dibawah ini merupakan tampilan aplikasi. Bola akan bergerak sesuai arah kursor maupun sentuhan.





B. Aplikasi Talk To Me

 Langkah percobaan :

1. Klik new project untuk membuat project baru dan beri nama.

2. Susun komponen-komponen visible berupa Text Box dan Button seperti dibawah ini dalam editor desain. Kemudian sisipkan komponen non-visible berupa Text to Speech. Kreasikan tampilan seperti yang diinginkan.




3. Membuat desain tampilan Screen1 untuk aplikasi Talk to me
Blok menu Desains -> pada menu pallete, pilih dan seret komponen

4. Selanjutnya, pilih menu Media. Klik TextToSpeech. Tombol TextToSpeech tidak akan tampak di viewer namun bisa melihatnya di kolom Components.

5. Susun Blocks program seperti gambar dibawah ini

6. Setelah itu pilih dan klik menu Build. Lalu pilih pilihan 1 (provide QR code for .apk) untuk penggunaan aplikasi pada android atau Klik App(save .apk to my computer).

7. Simpanlah aplikasi yang telah di download ini didalam folder yang diinginkan. Jika kita menggunakan android, maka bukalah aplikasi tersebut kemudian instal program tersebut. Dan apabila menggunakan leapdroid, maka bukalah aplikasi tersebut pada leapdroid.


8. Hasil yang didapat , jika Push button ditekan maka akan mengeluarkan percakapan "Congratulations! You've made your first app"


C. Aplikasi Digital Doodle

1. Melakukan desain tampilan aplikasi pada menu Desain
          Menyediakan Canvas ke Screen1:

klik menu pallete ->               ->seret canvas ke screen1 -> atur letak canvas untuk memenuhi screen,


Tampillan Screen1


2. Membuat perintah untuk tampilan aplikasi pada menu Blocks

a. Perintah untuk pada saat canvas1 di Dragged, maka dapat mengambar di sumbu sumbu x,y atau pada tampilan screen1, maka:
klik menu Screen1 pada Blocks->  klik Canvas -> pilih puzzel Dragged, dan seret ke tampilan viewer


 blocks Canvas


selanjutnya mengisi blocs utama, dengan pada saat blok itu didgraag, maka canvas 1 akan mengambar garis pada sumbu x dan y
klik menu Screen1 pada Blocks-> klik Canvas -> pilih puzzel Drawline, dan seret ke puzzel Dragged.

blocks Canvas

mengisi pemangilan disetiap sumbu x dan y tampilan.
x1= prevX
y1= prevY
x2=currentX
y2=currentY



klik menu bulet-in -> klik Variables -> pilih dan seret puzzel "get" ke tampilan viewer -> copykan puzzel sebanyak 3puzzel -> pasangkan puzzel seperti tampilan gambar27 dibawah.



 blocks aplikasi DigitalDoodle

3 klik Connect -> All Companion -> Scan barcode yang ditampilkan -> jalankan aplikasi pada android





0 komentar :

Posting Komentar