Membuat Aplikasi Tracking Lokasi Menggunakan Appinventor

Rabu, 19 Oktober 2016

Membuat Aplikasi Tracking Lokasi Menggunakan Appinventor


Hasil gambar untuk MAPS
   Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.Tampilan satelit Google Maps adalah "top-down". Sebagian besar citra resolusi tinggi dari kota adalah foto udara yang diambil dari pesawat pada ketinggian 800 sampai 1.500 kaki (240–460 meter), sementara sebagian besar citra lainnya adalah dari satelit. Sebagian besar citra satelit yang tersedia adalah tidak lebih dari tiga berusia tahun dan diperbarui secara teratur. Google Maps menggunakan varian dekat dari proyeksi mecrator, dan karena itu Google Maps tidak dapat secara akurat menunjukkan daerah di sekitar kutub.
    Pada tutorial ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat merekam lokasi serta  menampilkan alamat pada Google Maps. 




Langkah - langkah pembuatan aplikasi :

1. Buka app inventor melalui link http://appinventor.mit.edu/

2. Login menggunakan Email yang sudah terdaftar pada appinventor

3. Klik Start New Project , untuk membuat applikasi baru


4. Pada tampilan MIT App Inventor akan tampil Screen1 pada menu Desain.

5. Mendesain Screen 1 dengan beberapa komponen.
    Untuk komponen-komponen yang dibutuhkan pada aplikasi, yaitu:

  • Menu User Interface  : komponen label, button, Notifier1, ListPicker dan TextBox
  • Menu Storage             : komponen TinyDB
  • Menu Layout              : komponen HorizontalArragement dan VerticalArragement
  • Menu Connectifity     : komponen ActivityStarted
  • Menu Sensors             : komponen LocationSensor
6. Buatlah desain screen 1 seperti gambar berikut ini :



7. Atur posisi komponen menjadi center yang terdapat pada menu Properties. Untuk memberikan Background pad screen1, dapat diatur pada menu Properties, dan menginputkan gambar sebagai backgroud tampilan.

8. Susun block alur program.
    Klik Block pada sudut kanan atas.

9. Menginisialisasi penambahan alamat dan daftar lokasi pada Scrreen1
  •     Inisialisasi Alamat
Pada menu Pallete klik Built-in -> Variables -> seret puzzel Initialize global "nama" to ke halaman Viewer -> menganti nama dengan "tagAdd" pada puzzel.
Pada menu Built-in -> pilih Text -> seret puzzel pertama (" ") ke sisi to puzzel Initialize global ditampilan Viewer   -> ketikan alamat pada puzzel text.

  •  Inisialisasi List lokasi
Pada menu Pallete klik Built-in -> Variables -> seret puzzel Initialize global "nama" to ke halaman Viewer -> menganti nama dengan "listLocasi" pada puzzel.
Pada menu Built-in -> pilih List -> seret puzzel pertama (create empty list) ke sisi to puzzel Initialize global ditampilan Viewer.

10. Pada saat screen1 diinisialisasikan, maka init data dipanggil, kemudian listpicker1 tidak enable. Blocks         menjalankan init data.


11. Mengkodekan perintah button Addlokasi dan cancel pada saat diklik.


12. Kemudian Mengkodekan perintah button LokasiHelp pada saat diklik.


13. Menambahakan puzzel procedures untuk pemangilan set to global list, add item to list, dan call StoreValue         TinyDB.
Built-in -> procedures -> seret puzzel "to do" ke halaman Viewer -> pasangan Puzzel secara lengkap 


14. Lalu mengkodekan button Submit pada saat di Klik.


15. Kemudian mengkodekan procedures ShowMap.
  • Built-in -> procedures -> seret puzzel "to do" ke halaman Viewer -> tambahkan "set to" action dan datauri dari ActivityStarter1 dan lanjutkan  memasangkan Puzzel text secara lengkap seperti gambar8  -> tambahkan call StatActivity
  • Klik ListPicker1 -> pilih puzzel when AfterPicking dan seret ke tampilan Viewer -> tambahkan puzzel "set to" TMasuanAlamat, 

16. Lalu mengkodekan button untuk klik ViewonMaps dan button My Location
  • Button ViewonMaps clik
  • Button 1 when click

17. Kemudian simpan aplikasi ini dengan cara:

Klik Build di menu atas bagian tengah MIT App Inventor -> klik App (save .Apk to my Computer) -> tunggung sampai proses penyimpanan selesai. 

18. Build aplikasi tersebut agar bisa diakses ke smartphone

19. Untuk aplikasi ini, smartphone haruslah android dan memiliki aplikasi GMAP.






HASIL  :


                 




0 komentar :

Posting Komentar